Selasa, 27 Desember 2011

Inilah Fakta Unik Prosesor Tertua dari Intel Berusia 40 Tahun

Intel 4004 microprocessor
Tanpanya, kita tak bisa menikmati laptop, PC dan komputer tablet yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Disadari atau tidak, penggunaan prosesor sebagai ‘otak’ dari gadget dan perangkat teknologi lainnya sangat fatal.

Prosesor mikro (microprocessor) pertama kali diperkenalkan Intel pada 15 November 1971 dengan nama Intel 4004. Dalam rangka memperingati usia prosesor pertama kali di dunia ini, Intel membocorkan beberapa fakta unik di balik perjalanan prosesor.

Intel 4004 memiliki kecepatan 740 KHz yang berbeda jauh jika dibndingkan dengan kinerja prosesor sekarang yang sudah mencapai 4 GHz. Jika dibandingkan dengan pelari tercepat di dunia Usain Bolt (4GHz), Intel 4004 seperti siput yang memiliki kecepatan laju 5 meter per jam.

Biaya daya listrik yang dikeluarkan untuk laptop jaman sekarang hanya sekitar Rp 310.000,- per tahunnya. Jika Intel 4004 tak pernah berkembang, maka tulisan ini tak akan dibuat dengan laptop karena konsumsi daya listrik yang diperlukan ialah sebesar 4ribu kali lipat! Kecuali jika saya punya Rp1,2 milyar hanya untuk membayar biaya listriknya.

Pada sebuah prosesor, terdapat sejumlah transistor yang ditampung dalam die. Pada prosesor Intel Core generasi 2 di jaman modern ini sanggup memuat hingga 1 milyar transistor. Sedangkan Intel 4004 hanya sanggup memuat 2.300 transistor.

Jika transistor itu diibaratkan dengan beras, maka jumlah transistor yang ada di Intel Core generasi kedua saat ini bisa untuk memberi makan sebuah kota dengan 567.000 orang penduduk.

Ingin membuat prosesor sekelas Intel Core generasi kedua dengan teknologi pada Intel 4004? Sebaiknya urungkan saja karena prosesor tersebut nantinya akan berukuran 7 meter x 3 meter (21 m2). Untungnya ukuran transistor semakin mini hingga bisa dipasang pada laptop yang saya gunakan ini.

Yang mungkin menjadi hal paling unik sekaligus disukai ialah soal harga. Harga sebuah transistor diungkapkan Intel telah mengalami penurunan sejak 40 tahun terakhir. Tak tanggung-tanggung penurunan tersebut diklaim sebanyak 50.000 kali lipat lebih murah.

Bersyukur ya teknologi makin canggih, diiringi dengan bentuk yang mini serta harga yang makin terjangkau.

source : http://www.forum-indoflasher.com/vbb/showthread.php?t=348267

Tidak ada komentar:

Posting Komentar